PEMBINAAN ADMINDES 2023

PEMBINAAN ADMINDES 2023

Berdasarkan Keputusan Camat Patikraja Nomor 140/046/2023 tertanggal 23 Januari 2023 Tentang Pembentukan Tim Pembina Admindes Wilayah Kecamatan Patikraja.  Dengan hal tersebut diatas Pemerintah Desa Sidabowa telah melaksanakan pembinaan admindes 2023 pada hari Selasa, 14 Februari 2023 mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Kantor Balai Desa Sidabowa.

Acara dibuka oleh HENTY RATNANINGSIH, A.Md. selaku Kepala Desa Sidabowa dengan harapan semoga dengan adanya pembinaan administrasi desa akan memberikan motivasi agar kedepan lebih baik dan dapat memajukan roda pemerintahan desa.

Sementara Camat Patikraja (DWIYONO, SE, M.Si) berharap agar dengan bekal pembinaan administrasi didesa akan memberikan perubahan secara bertahap agar kekurangan dalam bentuk administrasi dapat dipenuhi sebagai salah satu sarana pembuktian sesuai denga napa yang tertuang dalam produk hukum baik hukum pemerintah maupun hukum yang dikeluarkan oleh desa. Keterbukaan, transparansi dan layanan public sangat diutamakan agar masyarakat dapat mengetahui sejauh mana kegiatan penyelenggaraan pemerintahan desa.

Adapaun sasaran dalam pembinaan admindes tahun 2023 adalah sebagai berikut :

  1. Administrasi Pemerintahan Desa
    • PerDes/PerKaDes
      • Perdes Tentang SOTK Desa
      • Perdes Tentang Siltap, Tunjangan, Tamsil, dan Penghargaan Purna Tugas
      • Perdes Tentang Kewenangan Desa berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Lokal Bbersekala Desa
      • Perdes Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa
      • Perdes Tentang APBDesa dan Perubahan APBDesa
      • Perdes Tentang Penjabaran APBDesa dan Perubahan APBDesa
      • Perdes Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa
      • Perdes Tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat
      • Perdes Tentang Pengelolaan Aset Desa
      • Perdes Tentang BUMDES
      • Perdes Tentang Penanaman Model BUMDES (Jika Ada)
      • Perdes Tentang Ambulance Desa (Jika Ada)
    • SK-SK
      • SK Pengangkatan dan Pemberhentian /Purnatugas Kepala Desa
      • SK Pengangkatan dan Pemberhentian/Purnatugas Perangkat Desa
      • SK Pengangkatan dan Pemberhentian BPD
      • SK Staf Desa/Pramu Kantor, atau yang sejenisnya
      • SK Bendahara Desa
      • SK Rekening Kas Desa
      • SK Administrasi Operator Siskeudes
      • SK Admin/Operator Sipades
      • SK Petugas Pemungut PBB
      • SK LKD (RT/RW, PKK, Posyandu, LPMD, KarangTaruna)
      • SK Guru TK/PAUD Milik Desa
      • SK Tim Pengadaan Barang dan Jasa (TPBJ)/TPK
      • SK PPKD
      • SK Tim Penyusun LPPD dan LKPPD
      • SK Tim Perumus/Penyusun RPJMDesa, RKPDesa, APBDesa
      • SK Perpustakaan Desa
      • SK Kader Posyandu
      • SK KPM, PSN, KPMD, Pencacah BDT, dll (Jika Ada)
  1. Administrasi Pemberdayaan Masyarakat
    • Buku Data Pengurus dan Anggota Kemasyarakatan
    • Buku PMKS
    • Buku Potensi Kesejahteraan Sosial
    • Buku Data Perpustakaan
    • Buku Kegiatan PMI
    • Buku Hari Besar Nasional
    • Buku KIS
    • Buku Data Kemiskinan
    • Buku KLB (DB)
    • Buku Baz
    • Buku Penerimaan Bansos Lansia Miskin
    • Buku Iventarisasi Kegiatan Pemberdayaan
    • Arsip Pengajuan Bantuan Ke Dinsos
    • Pembinaan pengelolaan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa
  2. Administrasi Pembangunan
    • Buku RKPDesa
    • Buku Kegiatan Pembangunan
    • Buku Iventaris Hasil-hasil Pembangunan
    • Buku Kader Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat
    • Dokumen RPJMDesa dan RKPDesa
    • Buku Kegiatan Karang Taruna
    • Buku Kegiatan/Laporan BUMDEsa
    • Pembinaan pelaksanaan perencanaan dan pembangunan di desa
    • Data pengangguran
  3. Administrasi Kependudukan
    • Buku Induk Penduduk
    • Buku Mutasi Penduduk Desa
    • Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk
    • Buku Penduduk Sementara
    • Buku Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga
    • Pembinaan Pengelolaan Pelayanan Publik
  4. Administrasi Ketentraman dan ketertiban
    • Buku Iventaris Organisasi Kepemudaan, Ormas, Organisasi Terlarang dll
    • Buku Pelaporan Pelaksanaan Penerpan Perundang-undangan di Kabupaten Banyumas
    • Data Satlinmas
    • Buku Inventarisasi Penanganan Bencana
    • Pengelolaan Perlindungan Masyarakat di Desa
  5. Administrasi Umum
    • Buku Peraturan Di Desa
    • Buku Keputusan Kepala Desa
    • Buku Iventaris dan Kekayaan Desa
    • Buku Tanah Kas Desa dan Buku Tanah Di Desa
    • Buku Aparat Pemerintah Desa
    • Buku Agenda
    • Buku Ekspedisi
    • Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa
    • Buku Tamu, Buku Regritasi Pelayanan Desa
    • Profil Desa
    • Papan Monografi, Peta Wilayah Desa, Struktur Organisasi, Kartu Uraian Tugas
    • Pembinaan Pengelolaan Kerumahtanggaan, perlengkapan, administrasi persuratan,

       kearsipan dan perpustakaan

  1. Administrasi Keuangan
    • Buku APBDesa dan Perubahan APBDesa
    • Buku Kas Pembantu Kegiatan
    • Buku Kas Pembantu (Pajak, dll)
    • Buku Bank Desa
    • Arsip Laporan Keuangan Desa (Bulanan, Semesteran, Tahunan)
    • SPJ Belanja Desa Tahun Anggaran 2022 (Januari – Desember 2022)
    • Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa (SPP, SPJ dan Penatausahaan)

Pembinaan ditutup dengan hasil Evaluasi oleh Tim sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Related Posts

Komentar