PEMBINAAN ADMINDES

PEMBINAAN ADMINDES

Pada hari Senin (08-03-2021) di Kantor Pemerintah Desa Sidabowa Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas telah dilaksanakan Pembinaan Administrasi Desa oleh Tim dari Kecamatan Patikraja dibantu oleh TPP P3MD Kecamatan Patikraja dengan diawali ucapan selamat datang oleh Pj. Kepala Desa Sidabowa (Hj. SURTIYAH, SH.) dengan harapan semoga Pembinaan Administrasi Desa akan memberikan pelajaran berharga untuk memajukan desa yang tertib administrasi untuk mengarah kepada layanan publik yang prima.

 

Sementara himbauan dari Camat Patikraja (Drs. LENDRA YUSPI, M.Si.) selaku Ketua Tim bahwa apa yang akan dilaksanakan bukan bertujuan mencari permasalahan atau temuan tetapi salah stu upaya untuk dapat ditindaklanjuti untuk mendorong desa yang tertib administrasi. Sementara Tim akan terbagi menjadi beberapa kelompok bidang sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

 

Jenis dan sasaran Pembinaan Administrasi Desa meliputi antara lain :

  1. ADMINISTRASI PEMERINTAAN DESA
  2. PERDES/PERKADES
    • Perdes tentang SOTK Desa
    • Perdes tentang SILTAP, Tunjangan, Tamsil dan Penghargaan Purna Tugas
    • Perdes tentang Kewenangan Desa berdasarkan Hak Asal Usul dan Kewenangan Desa
    • Perdes tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan  Lembaga Adat Desa
    • Perdes tentang RAPB Desa dan Perubahan RAPB Desa
    • Perdes tentng Penjabaran RAPB Desa dan Perubahan RAPB Desa
    • Perdes tentang LPJ  Realisasi Pelaksanaan RAPB Desa
    • Perdes tentang Kedudukan Keuangan Ka Des dan Kat Des
    • Perdes tentang Pengelolaan Aset Desa
    • Perdes tentang Pembentukan BUMDES
    • Perdes tentang Penanaman Modal BUMDES
    • Perdes tentang Ambulance Desa

 

  1. SK
    • SK Pengangkatan dan Pemberhentian/Puna Tugas Kepala Desa
    • SK Pengangkatan dan Pemberhentian/Purna Tugas Perangkat Desa
    • SK Pengangkatan dan Pemberhentian BPD
    • SK Staf Desa / Pramu Kantor atau yang sejenisnya
    • SK Bendahara Desa
    • SK Rekening Kas Desa
    • SK Admin/ Operator SISKEUDES
    • SK Petugas Pemungut PBB
    • SK LKD/LAD (RT/RW, PKK, Posyandu, LPMD, Karang Taruna)
    • SK Guru TK/PAUD Milik Desa
    • SK Tim TPBJ / TPK
    • SK PPKD
    • SK Tim Penyusun LPPD dan LKPD
    • SK Tim Perumus/Penyusun RPJM Desa, RKP Desa, APB Desa
    • SK Perputakaan Desa
    • SK Kader Posyandu
    • SK KPM, PSN, KPMD, Pencacah BDT

 

  1. ADMINISTRASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
  2. Buku Desa Pengurus dan Lembaga Kemasyarakatan Desa
  3. Buku PMKS
  4. Buku Potensi Kesos
  5. Buku Data Penganggur
  6. Buku Data Perpustakaan
  7. Buku Kegiatan PMI
  8. Buku Hari Besar Nasional
  9. Buku KIS
  10. Buku Data Kemiskinan
  11. Buku KLP
  12. Buku BAZ
  13. Buku Penerima Bansos Lansia Miskin
  14. Buku Iventarisasi Kegiata Pemberdayaan
  15. Arsip Pengajuan Bantuan Ke Dinsos
  16. Pembinaan Pengelolaan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa

 

  1. ADMINISTRASI PEMBANGUNAN
  2. Buku Rencana Kerja Pembangunan Desa
  3. Buku Kegiatan Pembangunan
  4. Buku Iventaris Hasil-hasil Pembangunan
  5. Buku Kader Pendampingan dan Pemberdayaan Masyarakat
  6. Dokumen RPJM Desa dan RKP Desa
  7. Buku Kegiatan Karang Taruna
  8. Buku Kegiatan dan Laporan BUMDES
  9. Pembinaan Pelaksanaan Perencanaan dan Pembangunan Desa

 

  1. ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN
  2. BIP
  3. Buku Mutasi Penduduk Desa
  4. Buku Rekapitulasi Jumlah Penduduk
  5. Buku Penduduk Sementara
  6. Buku KTP dan KK
  7. Pembinaan Pengelolaan Pelayanan Publik, Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di Desa

 

  1. ADMINISTRASI KETRENTAMAN DAN KETERTIBAN
  2. Buku Iventaris Organisasi Kepemudaan, Ormas, Organisasi Terlarang dll
  3. Buku Pelaporan Pelaksanaan Penerapan Perundang – Undangan di Kabupaten Banyumas
  4. Data Satlinmas
  5. Buku Penanganan Bencana
  6. Pengelolaan Perlindungan Masyarakat Desa

 

  1. ADMINISTRASI UMUM
  2. Buku Peraturan Di Desa
  3. Buku Keputusan Kepala Desa
  4. Buku Iventaris dan Kekayaan Desa
  5. Buku Tanah Kas Desa dan Buku Tanah Desa
  6. Buku Agenda
  7. Buku Ekspedisi
  8. Buku Lembaran Desa dan Buku Berita Desa
  9. Buku Tamu, Register Pelayanan Desa
  10. Profil Desa
  11. Papan Monografi, Peta, Struktur Organisasi, Kartu Uraian Tugas
  12. Pembinaan Pengelolaan Kerumahtanggan, Perlengkapan, Administrasi Perkantoran, Kearsipan dan Perustakaan

 

  1. ADMINISTRASI KEUANGAN
  2. Buku APB Desa dan Perubahan APB Desa
  3. Buku Kas Pembantu Kegiatan
  4. Buku Kas Umum
  5. Buku Kas Pembantu (Pajak dll)
  6. Buku Bank Desa
  7. Arsip Laporan Keuangan Desa ( Buanan, Semesteran, Tahunan)
  8. SPJ Belanja setia tahun anggaran

 

Dengan mengucap syukur alhamdulillah Pembinaan Administrasi Desa dan mendapat nilai bagus walaupun ada administrasi desa yang harus dipenuhi dan diperbaiki. Kemudian acara dilanjutkan denga pemaparan evaluasi dan hasil pembinaan dan monitoring.

Related Posts

Komentar